Desa empirang ujung merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan balai batang tarang, kabupaten sanggau dengan jarak tempuh dari pusat kecamatan 6 kilometer.  Desa empirang ujung terdiri dari lima dusun yaitu dusun empirang, engkio, kumpang, kantut dan keladan. Dengan luas wilayah  ± 105 km dan jumlah penduduk 2.856 jiwa yang tersebar di empat dusun dan 7 RT. Penduduk yang mendiami desa empirang ujung  mayoritas suku dayak yang merupakan suku aslinya. Sedangkan suku-suku lainya merupakan akibat dari perkawinan campuran dengan penduduk setempat, dan agama yang dianut oleh penduduk didesa empirang ujung adalah agama katolik, Kristen protestan dan .masih percaya pada kepercayaan nenek moyang yaitu kharingan.
Wilayah desa empirang ujung yang terbagi lima dusun tersebut memiliki batas-batas wilayah administratif desa sebagai berikut:
a.       Timur               : Desa Senyabang dan Desa Temiang Taba
b.      Barat                 : Desa Padi Kaye
c.       Selatan             : Desa Kebadu
d.      Utara                : Desa Angan Tembawang (Kab. Landak) Dan Kec. Tayan Hulu.
Adapun kondisi alam desa empirang ujung memiliki tanah yang subur dan berbukit-bukit serta hamparan sawah yang luas di sebelah timur dan selatan. Tidaklah heran jika desa empirang ujung memiliki sumber daya alam yang melimpah mampu menopang kehidupan masyarakat desa setempat seperti karet, padi, ubi kayu, durian, sawit, ikan dan bahan mineral. Namun kekayaan alam tersebut belum dikelola dengan maksimal. Hanya beberapa komonditi yang menjadi unggulan seperti padi, karet dan durian, desa empirang ujung terkenal sebagai lumbung padi dikecamatan batang tarang  kabupaten sanggau. Namun komonditas padi yang dikembangkan masih padi local, sehingga aktivitas bertani masyarakat setempat bersifat musiman setahun sekali.

 114 Total View :,  3 Hari Iini :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *